Surga di Karimunjawa

1 August 2017 69x Nature

Beranda » Nature » Surga di Karimunjawa

Pulau Jawa tak hanya terkenal akan kota-kota besarnya, tetapi juga gunung-gunung berapinya yang menjulang, serta beragam budaya dan tradisi dalam seni, musik dan tari.

Dengan lebih dari setengah 255 juta penduduk Indonesia tinggal di pulau ini, tidak banyak yang tahu bila Pulau Jawa—pulau di daratan terbesar ke-13 di dunia ini—memiliki surga, bentang laut berkilau dan kehidupan bawah laut yang beragam. Jika Anda tidak berpikir seperti itu, jelas Anda belum pernah ke Karimunjawa: surga tersembunyi di Pulau Jawa.

Terletak kira-kira 80 km dari lepas pantai Jepara, Jawa Tengah, Karimunjawa menawarkan pantai berpasir putih dan pengalaman wisata laut yang sebanding dengan perairan-perairan di Indonesia  Timur yang terkenal di dunia. Kepulauan kecil yang terdiri atas 27 pulau (hanya lima yang berpenghuni) ini memiliki kehidupan bawah laut yang begitu hidup dan kaya sehingga dinyatakan sebagai taman laut nasional pada tahun 1988. Secara administratif, Kabupaten Kepulauan Karimunjawa dibagi menjadi tiga desa, meliputi area seluas 111.000 hektar, dengan 100.000 hektar diantaranya merupakan perairan.

Menurut cerita setempat, Karimunjawa adalah daerah di mana salah satu Wali Songo—sembilan wali dalam Islam yang dihormati di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa—mengirimkan putranya untuk menyebarkan dan mempraktikkan ajaran agama. Sunan Muria, satu dari sembilan Wali, menyebut kepulauan itu sebagai kremun-kremun (nyaris tak terlihat) dari Gunung Muria; dan sejak itu penduduk setempat menyebutnya demikian.

Meski “nyaris tak terlihat” gugusan pulau ini sangat kaya akan flora dan fauna alami. Sebagai bukti kekayaan ekologinya, di sini terdapat lima jenis ekosistem yang dapat dijelajahi oleh para pencinta alam, yakni terumbu karang, padang lamun dan rumput laut, hutan bakau, hutan pantai dan hutan hujan tropis dataran rendah.

Terumbu karang Karimunjawa terdiri dari terumbu karang tepi atau karang penerus, karang penghalang dan beberapa terumbu karang datar. Tempat ini memiliki kekayaan spesies yang luar biasa dengan 64 genus karang dan 353 jenis ikan hias.

Dua spesies biota yang dilindungi, yakni karang hitam dan terumbu karang merah, juga dapat ditemukan di sini. Biota laut dilindungi lainnya termasuk helm lebah, triton trompet, nautilus, kerang hijau, dan enam spesies kerang lainnya. Pulau-pulau ini juga menjadi sarang penyu hijau dan penyu sisik.

Tak heran, snorkelling dan diving menjadi kegiatan favorit bagi sebagian besar pengunjung. Namun begitu, duduk-duduk di pantai sepanjang hari sambil membaca buku yang bagus juga cukup menggoda.

Karimunjawa dan Kemujan adalah dua pulau utama di mana Anda dapat menemukan banyak pilihan akomodasi. Dengan jembatan pendek yang menghubungkannya, dua pulau ini sering dianggap menyatu. Dimanapun Anda memutuskan untuk menginap, Anda disarankan singgah dari satu pulau ke pulau lain untuk merasakan keunikan masing-masing pulau.

Lokasi snorkelling dapat ditemukan di hampir semua pulau, namun yang populer terletak dekat Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Bengkoang, Kembar, dan Krakal Kecil.

Lokasi-lokasi menyelam favorit terletak di dekat pulau utama Karimunjawa, Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Geleang, Bengkoang, Parang, Kembar, Katang, Krakal Kecil, dan Kumbang. Di sekitar Kemujan, terdapat bangkai kapal Panama Indono yang tenggelam pada tahun 1955, dan sekarang menjadi habitat ikan karang sekaligus lokasi menyelam yang populer.

Atraksi lain yang unik adalah penangkaran hiu di Menjangan Besar. Pengunjung yang berani dapat melihat hiu dari dekat di kolam pembibitan, berfoto dan bahkan berenang bersama para hiu. Tempat ini juga digunakan untuk penangkaran elang dan kura-kura.

Di atas perairan Kemujan terdapat hutan bakau seluas 10,5 hektar. Lintasan dari kayu yang berliku membawa pengunjung jauh ke dalam hutan lebat yang merupakan surga bagi burung-burung migran, rusa, ular dan bahkan kupu-kupu endemik.

Kepulauan kecil ini adalah harta karun ekologi tropis dan menjadi pilihan menakjubkan bagi mereka yang mencari surga tersembunyi yang lokasinya sangat dekat, namun bebas dari ingar-bingar pusat kota di Jawa.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.